Inilah 12 Cara yang Akan Mengantarkan Anda pada Doanya Para Malaikat

Inilah 12 Cara yang Akan Mengantarkan Anda pada Doanya Para Malaikat

Apakah ikhawah fillah sudah tahu, siapa-siapa saja orang yang akan di do’akan oleh para malaikat ? Untuk Lebih jelasnya, simak uraian berikut ini ya.. 😉

Dan Inilah 12 Cara yang Akan Mengantarkan Anda pada Doanya Para Malaikat, meliputi :

  • Orang yang tidur dalam keadaan bersuci

Seperti yang tercantum pada hadist Rosululloh Shallalohu ‘alaihi Wasallam bahwa “Barang siapa yang terlelap namun dalam keadaan memiliki wudhu, maka malaikat akan membersamainya.

Dan tidak akan bangun sehingga malaikat berdo’a “Ya Rabb.. ampunilah dosa hamba-Mu si fulan, ka tidur dalam keadaan berwudhu.” (H.R. Imam Ibnu Hibban dari Abdullah bin Umar r.a.)

  • Orang yang tengah duduk menunggu waktu sholat

Rosululloh Shallalohu ‘alaihi Wasallam bersabda :”Tidaklah seorang diantara kalian duduk sembari menunggu waktu sholat dalam keadaan memiliki wudhu, kecuali para malaikat mendo’akannya “Ya Ra.. ampunilan dosa si fulan dan sayangilah ia.” (H.R. Muslim dari Abu Hurairah r.a.)

  • Orang yang berada pada shaf paling depan

Inilah keutamaannya berada pada shaf paling depat karena Nabi Muhammad Shollalohu ‘alaihi Wasallam bersabda “bahwa sungguh para malaikat Alloh akan senantiasa bersholawat untuk orang yang berada pada shaf paling depan dalam sholat berjama’ah. (H.R. Abu dawud dan ibnu kuzhaimah)

  • Orang yang menyambungkan shaf

Rosululloh Shallalohu ‘alaihi Wasallam bersabda bahwasanya “Sesungguhnya Alloh Subhanahu Wata’ala bersama malaikat senantiasa bersholawat untuk orang-orang yang mengisi kekosongan di dalam shaf.” (H.R. Imam Ahmad, Ibnu Majah, Ibnu Hibban, Ibnu Khuzaimah dan Alhakim dari Aisyah r.a.)

  • Orang yang mengucapkan “Aamiin”

Hal ini telah di jelaskan melaui sabda Rosululloh Shallalohu ‘alaihi Wasallam yang berbunyi “Apabila seorang imam sholat membaca “ghairil maghdhuu bi’alaihim waladdholliin”, lantas ucapkanlah Aamiin.

Karena barangsiapa yang pengucapannya berbarengan dengan malaikat. Maka ia akan diampuni dosa-dosanya yang lalu.” (H.R. Imam Bukhari)

  • Orang yang duduk di tempat sholat setelah sholat usai

Tentu bukan duduk percuma ya, akan tetapi duduk yang di iringi oleh dzikrulloh. Lantas Rosululloh Shallalohu ‘alaihi Wasallam bersabda bahwa “Para malaikat senantiasa bersholawat kepada mereka yang duduk di tempat sholat selama ia masih dalam keadaan memiliki wudhu.

Sehingga (para malaikat) berkata “Ya Rabb, ampuni dosa si fulan dan sayangilah ia.” (H.R. Imam Ahmad bin Hambali dari Abu Hurairah r.a.)

  • Orang yang kerap sholat Subuh dan sholat Ashar berjama’ah

“Malaikat akan berkumpul pada waktu Subuh (kemudian yang bertugas di waktu malam) naik dan malaikat siang tetap menjalankan tugasnya. Dan para malaikat tersebut kembali berkumpul diwaktu Ashar (kemudian yang bertugas di siang hari) naik dan malaikat malam tetap bertugas.

Lantas Alloh subhanahu Wata’ala bertanya kepada mereka “Bagaimana keadaan hambaku saat kau tinggalkan?” Para malaikat pun menjawab kami datang kala mereka dalam keadaan sholat dan kami tinggalkan mereka pun mereka dalam keadaan yang demikian pula, maka ampunilah dosa mereka pada hari akhir kelak.” (H.R. Imam Ahmad dari Abu Hurairah r.a.)

  • Orang yang mendo’akan saudaranya secara diam-diam

Salah satu makbulnya do’a adalah mendo’akan seseorang tanpa diketahui oleh orang yang di do’akannya.

Hal ini juga turut dijelaskan pada hadist Rosululloh Shallalohu ‘alaihi Wasallam yang berbunyi “Do’anya seorang muslim untuk saudaranya dan tanpa sepengetahuannya adalah do’a yang di qobul.

Yang setiap kali ia mendo’akan maka malaikat akan meng Aamiin do’a tersebut seraya berucap dan semoga engkaupun mendapatkan hal yang demikian.” (H.R. Muslim dari Ummu Darda r.a)

  • Orang yang menginfakan hartanya

Nah loh, jangan pelit-pelit ya.. Karena ini telah dijelaskan pada hadist Rosululloh Shallalohu ‘alaihi Wasallam yang berbunyi “Tidak ada satu haripun pada seorang hamba melainkan turun 2 malaikat kepadanya, yang salah satu diantara ke duanya berkata “Ya Rabb.. berikanlah ganti pada orang yang menginfakan hartanya” sedang yang lainnya berkata “Ya Rabb.. hancurkanlah orang yang kikir.” (H.R. Bukhari & Muslim dari Abu Hurairah r.a.)

  • Orang yang makan sahur

Lantas Rosululloh Shallalohu ‘alaihi Wasallam bersabda “Sesungguhnya Alloh dan para malaikat bersholawat pada seorang hamba yang tengah makan sahur.” (H.R. Ibnu Hibban & At Thabrani dari Abdullah bin Umar r.a.)

  • Orang yang menengok orang sakit

Rosululloh Shallalohu ‘alaihi Wasallam bersabda “Tidaklan seorang menengok saudaranya tang tengah sakit, melainkan Alloh menguutus sebanyak 70.000 malaikan untuk bersholawat dari siang sampai senja dan dari malam hingga terbit fajar.” (H.R. Imam Ahmad dari Ali bin Abi Thalib)

  • Orang yang mengajarkan kebaikan pada orang lain

Rosululloh Shallalohu ‘alaihi Wasallam bersabda bahwa “Keutamanan seorang yang berilmu bak keutamaan ku (Nabi Muhammad Shallalohu ‘alaihi Wasallam)pada seseorang yang paling fakir ilmu. Dan sungguh para penghuni langit, bumi, semut bahkan ikan, bersholawat pada orang yang mengajarkan kebaikan pada yang lainnya.” (H.R At-Tirmidzi dari Abu Umamah Al Bahily).

Nah.. Itulah 12 golongan orang yang akan di do’akan oleh para malaikat. Mau ikut di do’akan juga? Kuy.. sama-sama melakukan keutamaan-keutamaan tersebut.

Semoga bermanfaat ya ikhwah fillah, dan mohon maaf atas kesalahan dalam penyampaian, penulisan dan penjabarannya. Terimakasih 🙂

Kok Ada Orang yang Selalu Happy ya ? Ini Kuncinya Guys

Hari gini kurang bahagia, masih ngeluh sana sini ? ngerasa kurang ini kurang itu ? Tunggu, apakah itu masalah sebenarnya ?

Untuk bahagia itu bukan sesulit apa yang kita bayangkan guys , tanya aja sama diri sendiri. Masih ada gak orang yang mau tukar nasib sama saya ? JELAS BANYAK BANGET dari ujung antero dunia ini pasti ada yang ingin menjadi kita, apalagi kita punya fisik yang sempurna, akal yang sehat, kondisi aman, makanan dan minuman yang cukup, pakaian yang layak.

Hanya saja kita lupa pada nikmat yang telah di berikan oleh allah pada kita, karena menggangap nikmat ini nikmat biasa, orang lain juga di kasih, orang lain juga sama, sehingga berbagai nikmat yang kita terima berlalu begitu saja tanpa kita sukuri.

Alhasil , kini banyak orang yang mengeluh, komplen, tertekan, merasa kurang cukup, kurang bahagia, dan kurang menikmati hidup, itu semua bukan karena mereka kekurangan apapun.

Coba, Apa yang kurang guys ? Yup benar sekali kita ini kurang bersyukur

Emang bener sih Bersyukur itu susah susah gampang, karena skill ini termasuk soft skill yang tidak banyak orang menguasainya. Baiklah untuk kamu yang hari ini ingin lebih happy, lebih bahagia ada beberapa tips bersyukur yang bisa anda coba, tentunya ini versi penulis ( bukan yang terbaik )

  • Kunjungi Orang yang Sedang Sakit

Aktifitas ini yang ini paling joss menurut penulis, rasa syukur langsung aja dateng dalam diri kita. Biasanya rasa syukur ini berhubungan dengan kesehatan anda. Ketika rasa syukur pada diri anda memuncak, maka datang dalam diri sendiri untuk memberi, entah makanan, memberi doa, memberi senyuman, cerita, atau entah apapapun itu.

Pemberian itulah bukti syukur anda kepada allah yang telah memberikan kesehatan pada anda.  Dengan bersukur maka kesehatan pun menjadi terasa anugrah besar, anda lebih menghargai suatu nikmat. Maka ketika hari hari anda penuh syukur maka hal sesulit apapun akan anda jalani dengan bahagia.

  • Kunjungi  Jembatan Layang

Kalo ini, penulis pernah ngalamin dateng langsung ke jembatan layang pada malam hari, ngak terlalu kaget sih tapi yang tidur di emperan jalan itu bukan hanya satu atau 2 keluarga guys. Ada puluhan keluarga bahkan anak kecil yang tidur di tempat kurang layak, dengan kondisi seadanya.

Bahkan yang lebih membuat terkesan, mereka tetap bahagia dengan kondisi tersebut, mereka menikmati tidur dengan pulas, makan nikmat dengan makanan seadanya, mereka tidak komplen, tidak mengeluh, mereka bisa terus survive di tengah kota metropolitan. Ngaca lagi ? gimana kamu masih kurang happy ?

So buat kalian yang ingin menjadi manusia selalu happy, yang penuh bahagia dan cinta, bersyukurlah setiap detik, menit, dan hari yang kita lewati.  Sampai disini dulu yang bisa penulis sharing, kalo ada yang kurang tambahin yaa, karena masih banyak lagi cara bersyukur versi yang lain. selamat mencoba.