Menyusuri Jejak Kuliner Khas Kota Sabang

Menyusuri Jejak Kuliner Khas Kota Sabang

Sabang memang terkenal dengan wisata baharinya yang memesona. Taman laut Tugu 0 dan Pulau Rubiah merupakan dua dari yang paling diincar wisatawan.

Selain di tempat ini Anda bisa memanjakan mata dengan keelokkan alamnya yang indah dan sangat memesona. Kota sabang pun memiliki beragam makanan legendaris yang perlu dan wajib dicicipi saat berwisata ke kota Sabang.

Selain wajib untuk dicicipi, beberapa kuliner ini pasti bisa membuat Anda ketagihan dengan kekhassannya. Dan berikut beberapa menu kuliner khas dari kota Sabang :

  • Sate Gurita

Kuliner yang satu ini termasuk yang paling unik khas kota Sabang, karena ya sate gurita ini hanya ada di Sabang saja. Yang membuat uniknya ialah rasa daging gurita itu sendiri, Anda bisa rasakan daging gurita yang lembut dengan bumbu kacang yang pas, dan yang pastinya bikin ketagihan.

Untuk mendapatkan kuliner khas yang satu ini bisa dijumpai di Pujasera atau Pusat Jajanan Selera Rakyat maupun di Wisata Kuliner Kota Sabang. Anda bisa dapatkan satu porsi sate gurita ini dengan harga hemat 10 ribu saja.

  • Mie Jalak

Seperti halnya dengan namanya, mie jalak pun memiliki rasa yang unik pula. Tidak seperti mie pada umumnya, Mie jalak ini berwarna kuning dengan kuah bening dan biasa dicampur bersama daun bawang, tauge, serta taburan daging ikan yang dipotong dadu.

Mie jalak ini selalu ramai dikunjungi baik oleh para pelancong maupun para penduduk setempat. Seporsi penuh Mie Jalak ini bisa Anda dapatkan cukup dengan mengeluarkan uang mulai dari 10 ribu saja.

  • Rujak 0 Kilometer

Jika Anda mengunjungi destinasi Tugu 0 Kilometer, tak akan lengkap rasanya jika tidak mencicipi rujak khas di sana. Rujak yang satu ini cukup berbeda dengan rujak pada umumnya. Berbahan utama Rumbiana ditambah sambal rujak yang digirus halus bersama gula aren dan cabai.

Membuat rasa rujak 0 Kilometer ini terasa sangat nikmat, apalagi saat buah-buahan yang dicocol dengan sambal. Dan akan lebih menggiurkan jika dinikmati langsung dari suguhan dstinasi Tugu 0 Kilometer tersebut.

  • Kedai Kopi Pantai Jaya

Diketahui, kedai ini telah buka sejak tahun 1980 dengan sajian kopi legendaris dari 3 daerah yaitu Tangsi, Sigli, dan Takengon. Kopi-kopi di kedai ini pun disajikan dalam beragam menu, mulai dari kopi hitam, kopi susu dan kopi sanget (kopi susu dicampur gula).

Kedai Kopi legendaris bernama Kopi Pandai Jaya ini juga tak boleh Anda lewatkan. Selain mendapatkan segelas kopi, Anda juga bisa dapatkan kopi hasil panggangan sebagai oleh-oleh dengan harga mulai dari 55 ribu perkilogramnya.

Itulah beberapa kuliner khas dan legendaris dari kota kecil penuh keindahan Sabang. Jika Anda mengunjungi kota Sabang, jangan lupa untuk mencicipi kuliner khas tersebut. Semoga bermanfaat.