Inilah 12 Cara yang Akan Mengantarkan Anda pada Doanya Para Malaikat

Inilah 12 Cara yang Akan Mengantarkan Anda pada Doanya Para Malaikat

Apakah ikhawah fillah sudah tahu, siapa-siapa saja orang yang akan di do’akan oleh para malaikat ? Untuk Lebih jelasnya, simak uraian berikut ini ya.. 😉

Dan Inilah 12 Cara yang Akan Mengantarkan Anda pada Doanya Para Malaikat, meliputi :

  • Orang yang tidur dalam keadaan bersuci

Seperti yang tercantum pada hadist Rosululloh Shallalohu ‘alaihi Wasallam bahwa “Barang siapa yang terlelap namun dalam keadaan memiliki wudhu, maka malaikat akan membersamainya.

Dan tidak akan bangun sehingga malaikat berdo’a “Ya Rabb.. ampunilah dosa hamba-Mu si fulan, ka tidur dalam keadaan berwudhu.” (H.R. Imam Ibnu Hibban dari Abdullah bin Umar r.a.)

  • Orang yang tengah duduk menunggu waktu sholat

Rosululloh Shallalohu ‘alaihi Wasallam bersabda :”Tidaklah seorang diantara kalian duduk sembari menunggu waktu sholat dalam keadaan memiliki wudhu, kecuali para malaikat mendo’akannya “Ya Ra.. ampunilan dosa si fulan dan sayangilah ia.” (H.R. Muslim dari Abu Hurairah r.a.)

  • Orang yang berada pada shaf paling depan

Inilah keutamaannya berada pada shaf paling depat karena Nabi Muhammad Shollalohu ‘alaihi Wasallam bersabda “bahwa sungguh para malaikat Alloh akan senantiasa bersholawat untuk orang yang berada pada shaf paling depan dalam sholat berjama’ah. (H.R. Abu dawud dan ibnu kuzhaimah)

  • Orang yang menyambungkan shaf

Rosululloh Shallalohu ‘alaihi Wasallam bersabda bahwasanya “Sesungguhnya Alloh Subhanahu Wata’ala bersama malaikat senantiasa bersholawat untuk orang-orang yang mengisi kekosongan di dalam shaf.” (H.R. Imam Ahmad, Ibnu Majah, Ibnu Hibban, Ibnu Khuzaimah dan Alhakim dari Aisyah r.a.)

  • Orang yang mengucapkan “Aamiin”

Hal ini telah di jelaskan melaui sabda Rosululloh Shallalohu ‘alaihi Wasallam yang berbunyi “Apabila seorang imam sholat membaca “ghairil maghdhuu bi’alaihim waladdholliin”, lantas ucapkanlah Aamiin.

Karena barangsiapa yang pengucapannya berbarengan dengan malaikat. Maka ia akan diampuni dosa-dosanya yang lalu.” (H.R. Imam Bukhari)

  • Orang yang duduk di tempat sholat setelah sholat usai

Tentu bukan duduk percuma ya, akan tetapi duduk yang di iringi oleh dzikrulloh. Lantas Rosululloh Shallalohu ‘alaihi Wasallam bersabda bahwa “Para malaikat senantiasa bersholawat kepada mereka yang duduk di tempat sholat selama ia masih dalam keadaan memiliki wudhu.

Sehingga (para malaikat) berkata “Ya Rabb, ampuni dosa si fulan dan sayangilah ia.” (H.R. Imam Ahmad bin Hambali dari Abu Hurairah r.a.)

  • Orang yang kerap sholat Subuh dan sholat Ashar berjama’ah

“Malaikat akan berkumpul pada waktu Subuh (kemudian yang bertugas di waktu malam) naik dan malaikat siang tetap menjalankan tugasnya. Dan para malaikat tersebut kembali berkumpul diwaktu Ashar (kemudian yang bertugas di siang hari) naik dan malaikat malam tetap bertugas.

Lantas Alloh subhanahu Wata’ala bertanya kepada mereka “Bagaimana keadaan hambaku saat kau tinggalkan?” Para malaikat pun menjawab kami datang kala mereka dalam keadaan sholat dan kami tinggalkan mereka pun mereka dalam keadaan yang demikian pula, maka ampunilah dosa mereka pada hari akhir kelak.” (H.R. Imam Ahmad dari Abu Hurairah r.a.)

  • Orang yang mendo’akan saudaranya secara diam-diam

Salah satu makbulnya do’a adalah mendo’akan seseorang tanpa diketahui oleh orang yang di do’akannya.

Hal ini juga turut dijelaskan pada hadist Rosululloh Shallalohu ‘alaihi Wasallam yang berbunyi “Do’anya seorang muslim untuk saudaranya dan tanpa sepengetahuannya adalah do’a yang di qobul.

Yang setiap kali ia mendo’akan maka malaikat akan meng Aamiin do’a tersebut seraya berucap dan semoga engkaupun mendapatkan hal yang demikian.” (H.R. Muslim dari Ummu Darda r.a)

  • Orang yang menginfakan hartanya

Nah loh, jangan pelit-pelit ya.. Karena ini telah dijelaskan pada hadist Rosululloh Shallalohu ‘alaihi Wasallam yang berbunyi “Tidak ada satu haripun pada seorang hamba melainkan turun 2 malaikat kepadanya, yang salah satu diantara ke duanya berkata “Ya Rabb.. berikanlah ganti pada orang yang menginfakan hartanya” sedang yang lainnya berkata “Ya Rabb.. hancurkanlah orang yang kikir.” (H.R. Bukhari & Muslim dari Abu Hurairah r.a.)

  • Orang yang makan sahur

Lantas Rosululloh Shallalohu ‘alaihi Wasallam bersabda “Sesungguhnya Alloh dan para malaikat bersholawat pada seorang hamba yang tengah makan sahur.” (H.R. Ibnu Hibban & At Thabrani dari Abdullah bin Umar r.a.)

  • Orang yang menengok orang sakit

Rosululloh Shallalohu ‘alaihi Wasallam bersabda “Tidaklan seorang menengok saudaranya tang tengah sakit, melainkan Alloh menguutus sebanyak 70.000 malaikan untuk bersholawat dari siang sampai senja dan dari malam hingga terbit fajar.” (H.R. Imam Ahmad dari Ali bin Abi Thalib)

  • Orang yang mengajarkan kebaikan pada orang lain

Rosululloh Shallalohu ‘alaihi Wasallam bersabda bahwa “Keutamanan seorang yang berilmu bak keutamaan ku (Nabi Muhammad Shallalohu ‘alaihi Wasallam)pada seseorang yang paling fakir ilmu. Dan sungguh para penghuni langit, bumi, semut bahkan ikan, bersholawat pada orang yang mengajarkan kebaikan pada yang lainnya.” (H.R At-Tirmidzi dari Abu Umamah Al Bahily).

Nah.. Itulah 12 golongan orang yang akan di do’akan oleh para malaikat. Mau ikut di do’akan juga? Kuy.. sama-sama melakukan keutamaan-keutamaan tersebut.

Semoga bermanfaat ya ikhwah fillah, dan mohon maaf atas kesalahan dalam penyampaian, penulisan dan penjabarannya. Terimakasih 🙂